Pengertian Global Positioning System (GPS)

Apa Itu Global Positioning System (GPS)?




GPS merupakan sistem navigasi satelit yang pada awalnya didesain untuk digunakan Amerika Serikat pada perang Vietnam. Namun saat ini GPS telah dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika serikat untuk bisa dipergunakan untuk keperluan sipil maupun militer yang terdiri dari 27 satelit yang beroperasi pada orbit dan mengirimkan lintang, bujur, seta ketinggian diatas permukaan air laut untuk penentuan posisi. GPS dapat dapat digunakan untuk mencari posisi secara tepat dan cepat serta dapat digunakan pada segala cuaca pada siang amaupun malam hari. Pada Gambar menunjukkan 3 segmen utama GPS yang terdiri dari space segmen yang terdiri dari satelit-satelit GPS, control segmen yang terdiri dari stasiun monitor dan kontrol satelit yang tersebar di seluruh permukaan bumi, dan user segmen yang terdiri dari pengguna di darat, laut, dan udara (Van der Spek, et al, 2009). 


Sinyal GPS merambat secara line of sight dengan frekuensi yang cukup tinggi sehingga sinyal tersebut mampu untuk menembus awan, kaca, dan plastik tetapi tidak dapat menembus benda padat seperti bangunan atau pegunungan.



Referensi:
Van der Spek, S., Van Schaick, J., De Bois, P., De Haan, R., 2009, Sensing Human Activity: GPS Tracking, Sensorss 2009, 9, 3033-­‐3055.


Sekian Pengertian Apa Itu Global Positioning System (GPS), Semoga Bermanfaat..!

0 komentar:

Post a Comment