Pengertian Ekstrapolasi: Apa Itu Ekstrapolasi

|Pengertian EKSTRAPOLASI| Perluasan data di luar data yang tersedia, tetapi tetap mengikuti pola kecenderungan data yang tersedia. Memperkirakan nilai fungsi di luar titik data yang tersedia , tetapi tidak mengubah jumlah variabel. Metode untuk menentukan atau memperkirakan suatu nilai yang berada di luar interval atau dua titik yang segaris berikut adalah gambar contoh grafiknya.
 

 

|Ekstrapolasi| adalah metode yang dipergunakan dalam memprediksi nilai dari suatu data atau fungsi yang berada di luar interval (data awal yang telah diperoleh). Untuk dapat memprediksi persamaan yang berada diluar interval maka sebelumnya perlu mengetahui atau terlebih dulu hafal konsep dari suatu persamaan ketika hanya diberikan sebuah grafik untuk di analisis dan didapatkan suatu prediksi (pendekatan yang tepat).

Sumber:
Primandari, A.H., 2013, Teknik Ekstrapolasi Richardson Berulang pada Model Binomial Fleksibel untuk Menentkan Harga Opsi Jual Amerika, Thesis, Program Studi S2 Matematika, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sekian uraian tentang Pengertian Ekstrapolasi: Apa Itu Ekstrapolasi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment