Pengertian Citra (Image) Menurut Para Ahli

Pengertian Citra - Menurut  G.  Sach  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto (2007:171)  citra  adalah  pengetahuan  mengenai  kita  dan  sikap-sikap terhadap  kita  yang  mempunyai  kelompok-kelompok  yang  berbeda. 

Pengertian  citra  ini  kemudian  disitir  oleh  Effendi  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto  (2007:171)  bahwa  citra  adalah  dunia  sekeliling  kita yang memandang kita. 

Menurut  Bill  Canton  dalam Sukatendel  (1990:111)   adalah  kesan, perasaan,  gambaran  dari  public  terhadap  perusahaan.  Kesan yang  dengan  sengaja diciptakan dari suatu obyek, orang atau organisasi. (Soemirat dan Elvinaro  Ardianto,  2007:  111-112). 

Bertolak  dari  pengertian  tersebut, Sukatendel  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto  (2007:112),  berpendapat bahwa citra  itu dengan sengaja perlu diciptakan agar bernilai 
posotif. 

Sedangkan  menurut  Katz  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto (2007: 113),  citra  adalah  cara  bagaimana  pihak  lain  memandang  sebuah perusahaan, seseorang, suatu komite, atau suatu aktivitas.  

Menurut  Frank  Jefkins  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto (2007:114),  citra  diartikan  sebagai  kesan seseorang  atau  individu  tentang sesuatu  yang  muncul  sebagai  hasil  dari  pengetahuan  dan  pengalamannya. 

Jalaludin  Rakhmad  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto  (2007:114), medefinisikan  citra  sebagai  gambaran  tentang  realitas  dan  tidak  harus sesuai dengan realitas, citra adalah dunia menurut persepsi. 

Berdasarkan  pengertian  para  ahli  di  atas,  citra  dapat  diartikan sebagai gambaran  yang didapat oleh  lingkungan di sekitar atau pihak  lain sebagai hasil dari pengalaman dan pengetahunnya tentang suatu obyek.  


Jenis-Jenis Citra 
Frank Jefkins  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto  (2007:117), membagi citra dalam beberapa  jenis, antara lain: 
  • The mirror image (cerminan citra), yaitu bagaimana dugaan (citra) manjemen terhadap public eksternal dalam melihat perusahaannya.  
  • The  current  image (citra  masih  hangat),  yaitu  citra  yang  terdapat pada  publik  eksternal,  yang  berdasarkan  pengalaman  atau menyangkut  miskinnya  informasi  dan  pemahanman  publik. eksternal. Citra ini bisa saja bertentangan dengan mirror image.    
  • The  wish  image  (citra  yang  diinginkan),  yaitu  manajemen menginginkan  pencapaian  prestasi  tertentu.  Citra  ini  diaplikasikan untuk  sesuatu  yang  baru  sebelum  public  eksternal  memperoleh informasi secara lengkap.   
  • The  multiple  image (citra  yang  berlapis),  yaitu  sejumlah individu, kantor  cabang  atau  perwakilan  perusahaan  lainnya  dapat membentuk  citra  tertentu  yang  belum  tentu  sesuai  dengan keseragaman citra seluruh organisasi atau perusahaan.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Sekian uraian tentang Pengertian Citra (Image) Menurut para ahli, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Halo semuanya, tolong, saya langsung ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki hidup sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya ditipu 100 juta saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah secara kredit dan itu tidak akan menyakiti saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk meminta saran bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang bernama Mr. Ryan Ceanic yang merupakan CEO dari RYAN CEANIC LOAN FIRM Company

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah (Rp 300 juta) dengan bunga rendah 1%, jadi pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan untuk transfer. . Dalam pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam, uang pinjaman itu disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu bercanda sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan senilai Rp300 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa-doa saya dengan menginstruksikan pemberi pinjaman saya dengan kredit nyata, yang dapat memberikan keinginan hati saya.

    Terima kasih banyak kepada Tuan RYAN CEANIC karena membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Tuan RYAN CEANIC baik melalui E-mail (ryanceanicloanfirm@outlook.com) ATAU whatsapp: +441545360007. untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    E-mail (ryanceanicloanfirm@outlook.com) ATAU whatsapp: +441545360007


    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya Putu Ernawati, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (ernputu1999@gmail.com)
    Terima kasih untuk kalian semua

    ReplyDelete