Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi - Geografi merupakan ungkapan atau kata dari bahasa Inggris Geography yang terdiri dari dua kata yaitu: Geo yang berarti bumi dan Graphy (dalam bahasa Yunani Graphein) yang berarti pencitraan, pelukisan atau deskripsi. Jadi dalam arti katanya geografi adalah pencitraan, pelukisan, atau deskripsi tentang keadaan bumi.

Pengertian Geografi menurut beberapa ahli:
Menurut P. Haggett dalam bukunya “ Locational Analysis In Human Geography” (1965): it relevant to note that geography enquires in recent years concern mainly with: 1). The ecological system 2). The spasial system. The first relates man to his environment while the second deals with linkages between regions in a complex interchange of flow. In both system movements and contacs are of fundamental importance.

Relevan untuk dicatat bahwa akhir-akhir ini perhatian geografi terutama terarah pada:
1). Sistem ekologi
2). Sistem keruangan.

Pertama berkaitan dengan manusia dan lingkungannya, yang kedua berkaitan dengan hubungan antar wilayah dalam hubungan timbal balik yang komplek dari pergerakan pertukaran. Dalam kedua sistem tersebut gerakan dan kontak merupakan masalah dasar yang utama.

R. Bintarto (1983), mengemukakan definisi geografi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala muka bumi dan peristiwa yang terjadi di muka bumi baik fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologi dan kewilayahan.

Pada Seminar Dan Lokakarya Geografi tahun 1988 yang diprakarsai oleh Ikatan Geografi Indonesia (IGI) sepakat merumuskan definisi geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

Pengertian Geografi

Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari segala hubungan kausal gejala yang ada di permukaan bumi serta interaksinya baik dalam bentuk fisik maupun makhluk hidup beserta permasalahannya dengan menggunakan pendekatan keruangan, ekologi dan kewilayahan.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber.
Sekian uraian tentang Pengertian Geografi Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment