Pengertian Electronic Business Menurut Para Ahli

Pengertian Electronic Business

Menurut Robbins (2000) mengatakan bahwa electronic business (e-business) menggambarkan penggunaan platform dan alat-alat elektronik untuk menjalankan bisnis perusahaan. Misalnya dengan membangun website, intranet, ekstranet, dan sebagainya. 

Pesatnya perkembangan electronic business pada gilirannya membawa perubahan dramatis dalam cara perusahaan membeli dan menjual barang, jasa, dan informasi. Implementasi electronic business menuntut pergeseran paradigma secara fundamental dari semula marketplace yang menekankan interaksi secara fisik antara penjual dan pembeli menjadi marketspace yang mengandalkan transaksi elektronik. Pergeseran ini ditandai dengan perubahan dari geographic business model (location based ) menjadi global business model (virtual marketspace ).

Kalakota (2000) mengemukakan bahwa e-business adalah berbagai macam aktivitas bisnis secara elektronik dengan menggunakan teknologi yang berbasis internet. E-business merupakan konsep yang lebih luas dari e-commerce, karena e-bisnis tidak hanya menjual suatu barang dan jasa kepada pelanggan tetapi juga melayani dan menjaga hubungan dengan pelanggan dan mitra bisnis di dalam rantai supply. Fokus daripada e-business adalah pada aplikasi teknologi internet dalam manajemen proses bisnis harian. Proses e-business mencakup tidak hanya pemasaran dan penjualan online, tetapi manajemen rantai suplai dan saluran manufacturing dan kontrol persediaan, operasi keuangan dan prosedur arus kerja pegawai yang melintasi keseluruhan organisasi.

Gambar: Pengertian Electronic Business
Kalakota dan Robinson (Turban, 2002) menganjurkan empat dimensi yang saling berhubungan mengenai masalah e-business, yaitu: 
  1. Proses strategik yang benar -“akan kemana kita?”- Kemampuan, ruang kompetisi, kesenjangan pemasaran, dan sebagainya. (apakah idenya, bagaimana konsumen akan dipilih, apa nilai dari pembuatan perencanaan?). 
  2. Proses generalisasi yang benar –“bagaimana kita akan kesana?”- Apa yang bisa dilakukan dan bagaimana perbaikan bisa dibuat (pemilihan hubungan dan rekan).
  3. Proses teknikal yang benar –“kapan kita akan sampai disana?”- Bagaimana e- commerce membantu strategi teknologi dari organisasi (pemilihan proyek dan teknologi).
  4. Proses finansial yang benar –“kenapa kita harus menang”- Apakah biaya itu dan keuntungannya, apa pengukuran dan ukuran yang dugunakan, dan bagaimana bisnis kita berbeda?

e-business merupakan bisnis yang menggunakan internet atau teknologi informasi untuk melakukan :
  1. Penelusuran rantai persediaan, pabrik, dan system pengadaan serta proses perusahaan otomatis untuk mengirimkan barang dan jasa yang tepat keada pelanggan dengan waktu dan biaya yang lebih efektif.
  2. Menjaga, menarik, dan mempererat hubungan dengan pelanggan.
  3. Menangkap, menganalisa dan berbagi pengetahuan tentang bisnis mengenai pelanggan dan exploitasi perusahaan demi membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Sumber: 
Robbins. 2000. Keterampilan Dasar. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Sekian uraian tentang Pengertian Electronic Business Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment