Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli

Apa Itu Pembangunan?

Pengertian Pembangunan - Pada hakekatnya, pengertian pembangunan secara umum pada hakekatnya adalah proses perubahan yang terus menerus untuk menuju keadaan yang lebih baik berdasarkan norma-norma tertentu. Mengenai pengertian pembangunan, para ahli memberikan definisi yang bermacam-macam seperti halnya perencanaan. Istilah pembangunan bisa saja diartikan berbeda oleh satu orang dengan orang lain, daerah yang satu dengan daerah lainnya, Negara satu dengan Negara lain. Namun secara umum ada suatu kesepakatan bahwa pembangunan merupakan proses untuk melakukan perubahan (Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah, 2005).

Untuk lebih jelasnya berikut ini disajikan pengertian pembangunan menurut beberapa ahli 

Siagian (1994) memberikan pengertian tentang pembangunan sebagai “Suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah, menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation building)”. 

Sedangkan Ginanjar Kartasasmita (1994) memberikan pengertian yang lebih sederhana, yaitu sebagai “suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik melalui upaya yang dilakukan secara terencana”.

Pembangunan (development) adalah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya (Alexander 1994). 

Portes (1976) mendefinisiskan pembangunan sebagai transformasi ekonomi, sosial dan budaya. Sama halnya dengan Portes, 

Menurut Deddy T. Tikson (2005) bahwa pembangunan nasional dapat pula diartikan sebagai transformasi ekonomi, sosial dan budaya secara sengaja melalui kebijakan dan strategi menuju arah yang diinginkan.

Sedangkan dalam pengertian ekonomi murni, pembangunan adalah suatu usaha proses yang menyebabkan pendapatan perkapita masyarakat meningkat dalam jangka panjang. (Sukirno, 1995:13).

Dengan demikian, proses pembangunan terjadi di semua aspek kehidupan masyarakat, ekonomi, sosial, budaya, politik, yang berlangsung pada level makro (nasional) dan mikro. Makna penting dari pembangunan adalah adanya kemajuan/perbaikan (progress), pertumbuhan dan diversifikasi.

Sebagaimana dikemukakan oleh para para ahli di atas, pembangunan adalah semua proses perubahan yang dilakukan melalui upaya-upaya secara sadar dan terencana (Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah, 2005).

Referensi:
Kartasasmita, Ginanjar. 1996. Pembangunan untuk Rakyat Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta : PT. Pustaka Cidesindo.

Sekian Pengertian Pembangunan, Semoga Bermanfaat..!

1 comment:

  1. Halo
    Semuanya saya Ibu SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin berbagi Kesaksian karena ALLAH menyukai saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk meminjam lalu saya bertemu orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu bahwa mereka semua adalah penipuan. Saya SCAMMED 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. lalu saya bingung, seluruh hidup saya hilang.

    suami saya sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar jutaan, yang bisa saya pikirkan saat ini adalah sucide, teman saya bernama Evi datang menemui saya hari yang setia itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang sebuah Konferensi yang di selenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang berkehendak menjadi kaya, dia meminta adiknya untuk membantu saya menjaga suami dan anak-anak saya, maka kami pergi ke konferensi ulang.

    Setelah semua pembicaraan tentang motivasi, dia mengajukan sebuah pertanyaan kepada kami "APAKAH ANDA SIAP MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN KEKAYAAN" dengan keberanian di jemaat kecil itu saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan sebuah rencana bisnis , dia berkata kepada kami, "AKU TIDAK AKAN MEMBERIKAN UANG, AKU AKAN MENGAJARMU CARA MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA," dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksinya melalui ibu yang hebat ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, sebuah perusahaan pinjaman online, seketika saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi perusahaan ibu Elina, seperti yang diarahkan oleh ibu nurliana novi dari konferensi, teman saya dan saya mulai memproses sementara ibu novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telpon dari teman saya memberitahu saya dia mendapat notifikasi dari banknya, pinjamannya sudah di depositkan, sudah telat jadi saya tidak bisa ke bank saya untuk konfirmasi, pagi harinya ada peringatan, akhirnya saya dapat pinjaman 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, setelah mengikuti proses hukum.
    kami diberikan arahan untuk menyampaikan business plan kami dan menitipkan uang di bank selama seminggu, kemudian ibu novi menelpon meminta kami untuk bertemu kembali yang kami patuhi, kami sampai di venue dan melihat dampak asing pada perdagangan dan investasi, kami diberikan kuliah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Elina saya mulai mengimpor dan hari ini saya dan suami saya telah mendirikan dua perusahaan besar bernilai MILIAR.

    Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini emailnya elinajohnson22@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya safrilita1988@gmail.com, untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda meragukan saya, saya siap menunjukkan kepada Anda semua bukti sehingga Anda akan tahu ini bukan hanya sebuah cerita.

    Perhatikan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merampok Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka sampai ke tingkat membuat situs web pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semuanya adalah penipu.

    Jadi hubungi perusahaan ibu Elina sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses yang seharusnya, sekali lagi ini adalah emailnya elinajohnson22@gmail.com, ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan yang sebenarnya dan tidak lain adalah kebenaran .

    ReplyDelete