Pengertian Nota, Faktur Dan Kuitansi

Pengertian Nota - Nota adalah bukti atas pembelian sejumlah barang secara tunai. Nota dibuat oleh pedagang dan diberikan kepada pembeli. Biasanya nota dibuat rangkap dua, satu lembar untuk pembeli dan lembaran kedua untuk penjual.

Nota Debit, adalah bukti perusahaan telah mendebit perkiraan pelanggannya yang disebabkan oleh berbagai hal. Nota debit dikirimkan oleh perusahaan kepada pelanggannya karena barang yang dibeli dikembalikan disebabkan rusak atau tidak sesuai dengan pesanan, dan penjual setuju barangnya diterima kembali atau harganya dikurangi.

Nota Kredit, adalah bukti bahwa perusahaan telah mengkredit perkiraan pelanggannya yang disebabkan oleh berbagai hal. Nota kredit dikirimkan oleh perusahaan kepada langganannya sehubungan barang yang dijual tidak cocok atau rusak, untuk itu penjual setuju menerima barangnya.

Contoh Nota :


Pengertian Faktur
Faktur adalah perhitungan penjualan kredit yang diberikan oleh penjual kepada pembeli. pihak yang menjual, faktur dibuat sebanyak tiga rangkap. Selembar untuk diserahkan kepada pihak pembeli, selembar untuk disimpan oleh pihak penjual, tentu saja setelah ditandatangani oleh pembelinya, yang nantinya akan digunakan sebagai lampiran kwitansi untuk menagih pembayaran apabila sudah jatuh tempo. Dan satu lembarnya lagi untuk dibiarkan melekat pada buku faktur yang biasa disebut “copy faktur penjualan” oleh sang penjual. 

Faktur adalah suatu dokumen dasar yang digunakan sebagai bukti tertulis/pencatatan bagi perusahaan penjual dan perusahaan pembeli. Faktur ini yang nantinya akan menjadi bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit.

Fungsi dari Faktur Pajak ada tiga. fungsi – fungsi inilah yang membuat faktur pajak begitu penting dah wajib dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak. Fungsi faktur pajak yang penting tersebut adalah :
  1. Bukti pungutan bagi Pengusaha Kena Pajak yang menyerahkan Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak.
  2. Sebagai bukti pembayaran PPN yang dilakukan oleh pembeli Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak kepada Pengusaha Kena Pajak.
  3. Sebagai sarana mengkreditkan Pajak Masukan bagi Pengusaha Kena Pajak yang membeli Barang Kena Pajak.
  4. Bukti pungutan pajak (PPN/PPn BM) karena impor BKP yang digunakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
Contoh Faktur Pajak




Pengertian Kuitansi
Kwitansi merupakan dokumen atau surat yang digunakan sebagai tanda bukti telah terjadinya transaksi pembayaran sejumlah uang dari orang yang memberi uang kepada si penerima uang dengan dilengkapi beberapa rincian pelengkap lainnya yakni tujuan pembayaran, tanggal dan tempat dimana terjadinya transaksi pembayaran tersebut. Dalam beberapa kasus penandatangan kwitansi mengharuskan untuk membubuhkan materai sebagai penguat atau legalitas dari kwitansi yang dibuat.

Hal-hal yang sebaiknya diperhatikan dalam pembuatan sebuah kwitansi diantaranya sebagai berikut :
  • Jangan sesekali menandatangani kwitansi kosong
  • Diakhir uraian atau penjelasan sebaiknya diberikan tanda akhir tulisan agar tulisan tersebut tidak dapat ditambahkan penjelasan lain yang akan merugikan.
  • Tempat & penanggalan sebaiknya berdekatan dengan tanda tangan orang yang menerima uang
  • Tulislah nama lengkap orang yang menerima uang
  • Apabila menggunakan materai, maka seharusnya tandatangan mengenai materai yang ditempelkan
  • Harus dibedakan antara nota jual beli dengan kuitansi.
Contoh Kuitansi


Sekian uraian tentang Pengertian Nota, Faktur Dan Kuitansi, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Halo
    Semuanya saya Ibu SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin berbagi Kesaksian karena ALLAH menyukai saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk meminjam lalu saya bertemu orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu bahwa mereka semua adalah penipuan. Saya SCAMMED 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. lalu saya bingung, seluruh hidup saya hilang.

    suami saya sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar jutaan, yang bisa saya pikirkan saat ini adalah sucide, teman saya bernama Evi datang menemui saya hari yang setia itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang sebuah Konferensi yang di selenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang berkehendak menjadi kaya, dia meminta adiknya untuk membantu saya menjaga suami dan anak-anak saya, maka kami pergi ke konferensi ulang.

    Setelah semua pembicaraan tentang motivasi, dia mengajukan sebuah pertanyaan kepada kami "APAKAH ANDA SIAP MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN KEKAYAAN" dengan keberanian di jemaat kecil itu saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan sebuah rencana bisnis , dia berkata kepada kami, "AKU TIDAK AKAN MEMBERIKAN UANG, AKU AKAN MENGAJARMU CARA MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA," dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksinya melalui ibu yang hebat ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, sebuah perusahaan pinjaman online, seketika saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi perusahaan ibu Elina, seperti yang diarahkan oleh ibu nurliana novi dari konferensi, teman saya dan saya mulai memproses sementara ibu novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telpon dari teman saya memberitahu saya dia mendapat notifikasi dari banknya, pinjamannya sudah di depositkan, sudah telat jadi saya tidak bisa ke bank saya untuk konfirmasi, pagi harinya ada peringatan, akhirnya saya dapat pinjaman 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, setelah mengikuti proses hukum.
    kami diberikan arahan untuk menyampaikan business plan kami dan menitipkan uang di bank selama seminggu, kemudian ibu novi menelpon meminta kami untuk bertemu kembali yang kami patuhi, kami sampai di venue dan melihat dampak asing pada perdagangan dan investasi, kami diberikan kuliah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Elina saya mulai mengimpor dan hari ini saya dan suami saya telah mendirikan dua perusahaan besar bernilai MILIAR.

    Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini emailnya elinajohnson22@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya safrilita1988@gmail.com, untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda meragukan saya, saya siap menunjukkan kepada Anda semua bukti sehingga Anda akan tahu ini bukan hanya sebuah cerita.

    Perhatikan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merampok Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka sampai ke tingkat membuat situs web pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semuanya adalah penipu.

    Jadi hubungi perusahaan ibu Elina sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses yang seharusnya, sekali lagi ini adalah emailnya elinajohnson22@gmail.com, ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan yang sebenarnya dan tidak lain adalah kebenaran .

    ReplyDelete